Senin, 10 Oktober 2011

Central Dogma

Central Dogma atau Dogma pusat  pertama kali diungkapkan oleh Francis Crick pada tahun 1958.
The central dogma of molecular biology deals with the detailed residue-by-residue transfer of sequential information. It states that information cannot be transferred back from protein to either protein or nucleic acid.
Ini berarti, sekali informasi masuk ke protein, maka informasi itu tidak dapat mengalir kembali ke asam nukleat.
Sejak pertama kali Central Dogma diperkenalkan oleh Francis Crick, telah dipelajari bahwa ada virus-virus yang menghasilkan enzim yang dapat mentranskripsi RNA menadi DNA dan virus-virus tersebut dapat mereplikasikan genom-genom RNA-nya.
Sejak proses transkripsi DNA menjadi mRNA yang kemudian di translasi menjadi polipeptida itulah yang disebut Central Dogma atau Dogma Sentral.
Dogma adalah suatu kerangka kerja untuk memahami transfer urutan informasi antara informasi berurutan membawa biopolimer yang paling umum yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Ada tiga biopolimer utama, yaitu : DNA, RNA, dan protein.
Jadi Central Dogma adalah rangkaian proses dimana informasi yang terdapat dalam DNA yang nantinya akan ditranskripsi sehingga menghasilkan molekul RNA, lalu informasi yang terkandung dalam molekul RNA tersebut akan ditranslasi untuk menghasilkan protein.
Dogma setral merupakan prinsip dasar pada genetika molekuler yang menyebutkan bahwa DNA dapat bereplikasi, DNA dapat ditranskripsi menjadi RNA untuk selanjutnya ditranslasi menjadi protein.

Transkripsi adalah proses sintesis molekul RNA pada DNA templat yang terjadi pada nucleus yang dikatalis oleh enzim RNA polymerase. Proses ini melibatkan DNA templat, enzim RNA polymerase, faktor-faktor transkrip dan prekursor. Tahap awal dari proses ini adalah proses sintesis protein kemudian munculnya ekspresi sifat-sifat genetik. Hasilnya adalah molekul-molekul RNA : mRNA, tRNA, dan rRNA.
Transkripsi terbagi kedalam tiga tahapan, yaitu:

-          Tahap Inisiasi
Dimulai saat holoenzim RNA menempel pada promoter. Promoter merupakan salah satu bagian utama gen. Tahap ini dimulai dibagian hulu dari DNA
-          Tahap Elongasi
Pada tahap ini terjadi pemanjangan nukleotida. Enzim bergerak sepanjang molekul DNA sehingga menguraikan heliks.
-          Tahap Terminasi
Tahap dari transkripsi ini terjadi ketika menemui nukleotida tertent pada stop kodon.

Translasi adalah suatu proses penerjemahan urutan nukleotida yang ada pada mRNA menjadi rangkaian asam amino yang menyusun polipeptida. Komponen-komponen yang diperlukan dalam proses ini adalah mRNA, ribosom, tRNA dan asam amino. Translasi juga terdiri dari tiga tahapan, sama seperti pada transkrpsi, yaitu:
-          Tahap Inisiasi,
-          Tahap Elongasi, dan
-          Tahap Terminasi.
Central Dogma ini terjadi pada sel prokariotik maupun pada sel eukariotik. Tapi, pada sel eukariotik ada proses tambahan diantara  transkripsi dan translasi. Tahap tambahan ini disebut tahap pre-mRNA. Tahap pre-mRNA ini menyeleksi mRNA yang akan dikirim keluar nukleus atau pada transkripsi ribosom.










Tidak ada komentar: