Sabtu, 13 November 2010

RICKETTSIA
Rickettsia adalah jasad renik yang paling kecil kedua setelah virus. Rickettsia hampir mirip dengan virus karena tidak dapat hidup mandiri, membutuhkan sel hidup lain untuk pertumbuhan dan perkembangbiakannya.Akan tetapi walaupun hampir sama dengan virus, tetap berbeda dengan virus jasad renik dalam golongan ini sudah mempunyai membrane sel, enzim-enzim dan menggunakan oksigen dalam kehidupannya serta dapat dibunuh dengan antibiotika yang tepat.
Rickettsia, Ehrlichia, Anaplasma dan Coxiella semua parasit intraseluler obligat kecil yang pernah dianggap menjadi bagian dari keluarga yang sama. Sekarang, bagaimanapun, mereka dianggap tidak berhubungan bakteri. Seperti Chlamydia bakteri ini pernah dianggap sebagai virus karena ukurannya yang kecil dan siklus hidup intraseluler. Namun, mereka adalah benar bakteri, secara struktural mirip dengan bakteri Gram negatif. Mereka coccobacilli negatif Gram kecil yang biasanya bernoda karena mereka Giemsa stain buruk dengan Pewarnaan Gram. Although these bacteria are able to make all the metabolites necessary for growth, they have an ATP transport system that allows them to use host ATP. Meskipun bakteri ini mampu membuat semua metabolit yang diperlukan untuk pertumbuhan, mereka memiliki sistem transportasi ATP yang memungkinkan mereka untuk menggunakan ATP host. Jadi, mereka adalah parasit energi selama ATP tersedia dari host.
1.    Replikasi pada Rickettsia
Rickettsia preferentially yang menginfeksi sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh parasit fagositosis. Sekali dalam sel inang, bakteri yang fagosom melisiskan membran dengan fosfolipase dan masuk ke dalam sitoplasma di mana mereka bereplikasi. R. Modus keluar dari sel inang bervariasi tergantung pada spesies. Prowazekii R. keluar oleh sel lisis sementara R. rickettsii mendapatkan diekstrusi dari sel melalui proyeksi lokal (filopodia) dan  membantu untuk "mendorong" bakteri melalui filopdia.
2.  Klasifikasi Rickettsia
Berdasarkan pada komposisi antigenik mereka, yang Rickettsia dibagi menjadi beberapa kelompok.
Organisme
 Penyakit
Distribusi
R. rickettsii
Rocky Mountain spotted demam
Belahan barat
 R. Akari
Rickettsialpox
USA, former Soviet Union Amerika Serikat, Uni Soviet
R. conorii
Boutonneuse demam
Negara-negara Laut Tengah, Afrika, India, Asia Barat Daya
R. sibirica
Siberian tick tifus
Siberia, Mongolia, Cina utara
R. australis
Australia tifus kutu
Australia
R. japonica
Oriental melihat demam
Jepang
R. prowazekii
Epidemi tipus
Yg timbul kembali tifus
Sporadic typhus Sporadis tifus
Amerika Selatan dan Afrika
Worldwide
Amerika Serikat
R. typhi
Tifus murine
Worldwide

Tidak ada komentar: