Minggu, 05 Desember 2010

Darah

Darah di dalam tubuh membentuk suatu jaringan, yaitu jaringan darah. Jaringan darah tubuh merupakan jaringan pengikat yang sangat istimewa karena kondisi fisik dan sifatnya yang berbeda dengan jaringan pengikat lainnya yaitu berupa cairan. Dalam jaringan darah biasanya 55 persennya adalah cairan, sedangkan sisanya adalah sel darah. Komponen utama jaringan darah terdiri dari:
a.     Plasma darah
Merupakan bagian darah yang berisi cairan (air: 91,0%), protein: 8,0% (Albumin, globulin, protrombin dan fibrinogen), mineral: 0.9% (natrium kloridanatrium bikarbonatgaram dari kalsiumfosfor, magnesium dan zat besi, dll), bahan pembeku darah, immunoglobin (antibodi), hormon, dan sisa-sisa hasil metabolisme. Volume plasma darah dari darah secara keseluruhan sekitar satu perdua belas dari berat badan.
b.     Sel-sel darah
·       Eritrosit/sel darah merah
·       Leukosit/sel darah putih
-        Granulosit (bergranula) : neutrofil, eosinofil & basofil
-        Agranulosit (tidak bergranula) : limfosit & monosit
·       Trombosit/keping darah


Eritrosit, trombosit dan leukosit
Fungsi darah antara lain:
·       Mengangkut sari-sari makanan, O2 dan hormon-hormon ke sel-sel di seluruh tubuh sehingga dapat menyegarkan kembali cairan jaringan.
·       Mengangkut zat buang dari berbagai organ ekskretirik  ke luar tubuh
·       Mengatur suhu badan
·       Plasma membagi protein yang diperlukan untuk pembentukan jaringan.
·       Sel darah merah mengantarkan oksigen ke jaringan dan menyingkirkan sebagian dari karbon dioksida.
·       Sel darah putih menyediakan banyak bahan pelindung dan karena berakan fagisitosis dari bebrapa sel maka melndungi tubuh terhadap serangan bakteri.
Dilihat dari fungsinnya diatas, darah memiliki peranan sangat penting dalam tubuh. Semua jaringan memerlukan persediaan darah yang memadai, yang tergantung pada tekanan darah arteri normal yang dipertahankan. Bila otak tidak menerima darah selama lebih dari 3 sampai 4 menit, maka akan terjadi perubahan-perubahan yang tidak dapat pulih kembali dan beberapa sel otak akan mati.

Tidak ada komentar: